8 Fakta Pak Raden yang Jarang Diketahui Orang ~ FaresyBlogger

8 Fakta Pak Raden yang Jarang Diketahui Orang

FaresyBlogger akan sedikit berbagi pengetahuan tau kah anda ? 8 Fakta Pak Raden yang Jarang Diketahui Orang.Pak Raden adalah tokoh ciptaan di serial anak Si Unyil. Karakternya galak dan mau oportunis. Paling malas kalau disuruh kerja bakti sehingga selalu menjadikan encok sebagai alasannya mangkir. Tokoh ini diciptakan dan diisi suaranya oleh Drs. Suyadi. Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau pria inilah otak di balik terciptanya boneka Si Unyil dan kawan-kawannya. Berikut  beberapa fakta mengenai Pak Raden atau Drs. Suyadi yang dilansir dari Bintang.com


Berikut 8 Fakta Pak Raden yang Jarang Diketahui Orang :
  • Fakta 1 Lahir di Puger, Jember 28 November 1932.
  • Fakta 2 Suyadi menyelesaikan studi di Fakultas Seni Rupa ITB Bandung (1952-1960) lalu meneruskan belajar animasi di Perancis (1961-1963).
  • Fakta 3 Sejak masih menjadi mahasiswa Suyadi sudah menghasilkan sejumlah karya berupa buku cerita anak bergambar dan film animasi pendek. Beliau gak hanya membuat ilustrasi, tapi juga mampu menulis ceritanya sendiri. Di usia senja, Suyadi masih tetap berkarya hingga akhir hayatnya.
  • Fakta 4 Pada tahun 1980 hingga 1991, anak ketujuh dari sembilan bersaudara ini terlibat langsung dalam serial Si Unyil. Dari tangannya, karakter boneka yang konsep ceritanya ditulis Kurnain Suhardiman itu lahir dan melegenda hingga saat ini.
  • Fakta 5 Suyadi adalah pengajar seni ilustrasi di Institut Teknologi Bandung dan pengajar khusus animasi di Institut Kesenian Jakarta. Selain itu dia juga menjadi pembicara pada workshop dongeng dan animasi pada acara-acara tertentu.
  • Fakta 6 Puluhan buku cerita anak hasil karyanya sudah beredar sejak tahun 70-an hingga sekarang. Sejumlah penghargaan di bidang pustaka pun telah dia raih. Pada tahun 2008 lalu, dia pun masih mengeluarkan buku anak berjudul Petruk Jadi Raja.
  • Fakta 7 Sebagai seorang pelukis, Suyadi telah menghasilkan puluhan karya bertema anak-anak dan dunia wayang bergaya figuratif-naratif.
  • Fakta 8 Dia dianugerahi penghargaan Ganesha Widya Jasa Utama karena jasa dan prestasi yang menonjol sebagai Pelopor Bidang Industri Kreatif Klaster Animasi dan Tokoh Animator di tingkat nasional.Penghargaan tersebut diterimanya pada peringatan 92 tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia di Aula Barat ITB.
Nah itulah 8 Fakta Pak Raden yang Jarang Diketahui Orang saat berada diacara Si Unyil dan marilah kita doakan agar amal ibadahnya diterima disisi - Nya, beliau sudah banyak menghibur masa kecil kita hingga sang ajal menjemputnya dan semoga karya nya tetap dikenang selamanya. Amin
sumber:liputan.co. id
Previous
Next Post »

1.Berkomentarlah dengan kata yang sopan
2.Berkomentarlah sesuai dengan judul posting
3.Dilarang mencantumkan link aktif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment